Cerita inspirasi seorang pengusaha muda - Siapa sih yg tidak mau menjadi pengusaha?! Apalagi dalam usia yang relatif muda. Nah, kali ini Admin akan menceritakan mengenai seorang pemuda yang sukses besar berkat usaha makanan ringan nya, mungkin anda sekalian sudah sering mendengarnya dan sudah membaca atau menonton film yang mengangkat cerita tentang pengusaha yang satu ini. Yupz dia adalah TOP ITTIPAT pengusaha muda yang sukses berkat usaha camilan rumput lautnya yaitu Tao kae noi ( tao kae noi sendiri diambil dari bahasa thailand yang berarti "Pengusaha Muda" ). Tapi admin yakin para reader juga ada yang belum tahu. . Ok! Bagi para reader yang notabene baru sempet baca cerita ini, diharap dapat membaca cerita yang terdahulu seperti Berawal dari segelas air



Mungkin kalian berminat untuk membaca cerita sebelumnya dulu?

  • Baca Juga:

Dan sekarang mari kita mulai awal dari sebuah cerita.

Pria asal thailand 1984 ini sebenarnya hanya seorang yang sederhana dan biasa biasa saja, tidak ada yang istimewa dari dirinya, bahkan dia tidak pernah memikirkan masa depanya, meskipun dia terlahir dari keluarga yang bisa di bilang mencukupi.

Seperti kebanyakan pemuda seumuranya, Top Ittipat atau biasa di sapa Top. Saat berusia 16 tahun pernah mengalami kecanduan game online dan membuat nya melupakan sekolahnya. memang bukan sesuatu yang baik, tapi dari sinilah dia mengenal dunia bisnis, Top adalah pemilik berbagai game online, dia mendapatkan uang dari menjual item item senjata miliknya di game online. dengan penjualannya itu Top sampai dapat menghasilkan uang sebanyak 1 juta baht dan dapat membeli sebuah mobil seharga 600 baht yang jika di rupiahkan sekitar 200 juta rupiah.

Para pembelinya sendiri adalah sesama pecinta game online baik dari dalam negaranya atau pun dari luar negara, namun bisnisnya ini telah dianggap ilegal maka sudah pasti tak dapat bertahan lama. Rekening game onlinenya terpaksa di blokir karena diketahui melakukan tranksaksi jual beli.

Disaat yang bersamaan bisnis orang tuanya pun mengalami kebangkrutan dan semua itu semakin menambah penderitaan karena Top tidak berhasil masuk kuliah perguruan tinggi negri dan harus masuk ke universitas swasta. dengan sisa uang yang dimilikinya Top beralih usaha ke bisnis DVD player tapi apa daya Top malah di tipu habis habisan, semua DVD yang di pesanya ternyata palsu dan sialnya uangnya pun tak dapat kembali. Top juga berusaha mencari pinjaman ke bank untuk memulai usaha baru, namun pihak bank tidak dapat menyetujuinya begitu saja.

Disini lah Top mulai menyadari kesalahannya karena telah melalaikan sekolah dan pelajaran. dan top pun harus berjuang dalam ketatnya persaingan Bisnis. Hutang yang melilit usaha orang tuanya mencapai 40 juta baht semakin memperburuk keadaan, terlebih lagi rumah mereka terpaksa harus disita oleh pihak bank. Sampai akhirnya Top pun bisa mendapatkan pinjaman dari bank, Top pun memulai bisnis baru yaitu berjualan kacang (chesnut) bersama dengan pamannya. Di awali dengan mencari cara bagaimana strategi berjualan yang baik supaya bisa laris daripada penjual kacang lainnya yang terlebih dahulu sukses dalam hal ini, sampai ia harus mencoba berbagai eksperimen agar mendapatkan resep terbaik. Lalu akhirnya Top memilih membuka sebuah kedai di Mall dan belajar tentang menemukan tempat strategis. sebab lokasi menjadi salah satu faktor menentukan dalam keberhasilan suatu usaha.

Tetapi semua itu tidak semulus apa yang kita bayangkan dan rencanakan, disaat Top mulai melakukan ekspensasi besar besaran untuk bisnis chesnut nya, justru timbul cobaan diman mesin pembuat kacang goreng yang Top Gunakan menimbulkan asap yang mengotori atap mall sehingga dia harus menutup usahanya dan pihak mall juga membatalkan kontrak kedainya. sampai disinilah Top Hampir putus asa.

orang tuanya pun memutuskan untuk hijrah ke china. namun Top tetap bersikeras untuk bertahan di Thailand dan melanjutkan usahanya.

Ini lah awal dari kesuksesan seorang Top Ittipat.

Inspirasi memang bisa datang dari mana saja dan kapan saja, dari berbisnis kacang Top ingin beralih ke bisnis berjualan rumput laut, ide tersebut di dapat dari kekasih Top yang saat itu memberinya oleh oleh dari luar negri berupa cemilan rumput laut.

Singkat cerita, meskipun kisah cerita cinta dengan kekasihnya berakhir karena Top lebih memilih untuk fokus dalam bisnis, namun ini menjadi kenangan indahnya bersama kekasih.

Top pun memulai usaha kerasnya dengan mencari bahan rumput laut dan belajar rahasia menggoreng rumput lautnya agar memiliki cita rasa yang unik. tidak tanggung tanggung biaya yang harus dikeluarkan Top mencapai lebih dari 100 ribu baht. belum lagi Top juga harus mempelajari cara untuk mempertahankan kualitas rumput lautnya agar tidak cepat basi jika disimpan dalam waktu yang lama.

Dalam tekanan yang begitu hebat Top berusaha mencari tahu tentang strategi penjualan dan inspirasi pun datang kembali untuk menjual produknya dimini market 7- Eleven ( supermarket yang namanya sudah mendunia ) namun semua tidak semudah membalikkan telapak tangan. 7-Eleven ternyata memiliki standard tinggi yang harus dipenuhi agar produk Top dapat masuk pasaran.

Berbagai upaya pun dilakukan tapi hampir semua mengalami kegagalan. Top memberikan makanan ringan itu kepada sang satpam mall tersebut, satpam itu pun memakannya. Orang orang yang melihat merasa penasaran dengan apa yang di makan sang satpam merekapun penasaran dan ikut mencicipinya. Dan ternyata rasanya yang nikmat di gemari para pengunjung disana. Kabar tersebut pun sampai pada telinga sang pemilik mall. Kemudian dia memanggil top dan menerima kerja samanya. Tapi top di haruskan dapat memproduksinya dan harus memiliki pabrik sendiri, untungnya dia masih punya tempat bekas pabrik orang tuanya. Dia pun menjadikan tempat itu sebagai tempat reproduksi makanan tersebut. Walaupun kecil tapi tetap memadai. Dan usahanya pun sukses. Makanan tersebut laris dan terjual habis, top kini menjadi pengusaha muda yang sukses dan mendapat julukan sebagai "A YOUNG BILLIONAIRE from THAILAND". Top membayar kesuksesanya dengan berkorban segala apa yang dia miliki jiwa raga waktu kesenangan masa mudanya, termasuk berkorban atas kisah cintanya. seperti yang telah dikatakan Ibu Top. sesuatu itu akan datang kepadamu namun sesuatu yang lain akan menjauh darimu, kesuksesan bisnis tidak semudah membalikan telapak tangan. sabar, bersyukur, terus berjuang pantang menyerah dan pastinya tidak lupa berdoa adalah Top scret ( Rahasia Top ). begitulah cerita singkat tentang seorang pengusaha muda Top Ittipat, banyak hal yang bisa dipetik dari cerita ini, semoga ini dapat menginspirasi kita semua dan menjadi motivasi dalam diri kita. APAPUN YANG TERJADI JANGAN PERNAH MENYERAH KALAU MENYERAH, HABISLAH SUDAH. ( Top Ittipat )

Sumber: ceritaceritainspirasi.com

WARNING! Dilarang berkomentar Nyepam dan Link. Saya paling tidak suka dengan itu. Saya melihat di komentar sebelumnya ada yang melakukan hal itu. Mohon maaf saya akan menghapusnya dan mohon maaf juga saya tidak akan berkunjung kepada komentator seperti itu. Terimakasih!