gree-leafe.jpg

Dikisahkan ada seorang yang sangat menyukai harta benda. Dia mengumpulkan hartanya selama bertahun-tahun, semasa hidupnya hingga ia bisa mengumpulkan harta yang cukup banyak. Orang itu pun takut kalau harta yang sekarang di miliki akan hilang di ambil orang atau habis digunakan. Lantas dia menjual semua harta bendanya, lalu membeli kalung emas berharga, sehingga dia menyimpan dengan baik.

Kemudian, dia pergi ke suatu tempat yang rahasia untuk menyimpan kalung emas berharga yang mahal itu. Dia pun menggali tanah untuk menyimpan kalung itu. Setelah menimbunnya kembali, dia pun memberi suatu tanda. Setap hari dia pergi ke tempat itu untuk melihatnya dan dia merasa tenang kalau tanda itu masih ada.

Setelah selang beberapa waktu, dia kembali datang ke tempat itu seperti biasanya. Kali ini, dia ingin memastikan bahwa kalung emasnya masih ada. Dia pun menggali dan terus menggali tempat itu. Namun, dia tidak mendapati lagi kalung emasnya. Dia meraung dan menangis sambil menyesali seluruh hidupnya yang telah di gunakan untuk mengumpulkan harta, tapi hilang begitu saja.

Di saat seperti itu, seorang bapak tua lewat di tempat itu. Pak tua itu bertanya padanya, kenapa dia menangis dan meraung seperti itu. Orang itu pun menceritakan keadaannya dan aa yang telah di lakuan serta dialami dalam hidupnya.

Bapak tua yang bijak itu pun dengan heran melihat padanya seraya bertutur, "Mengapa kamu sama sekali tidak memanfaatkan hartamu, apa pun yang enkau miliki, bila digunakan dengan tepat, pasti akan memberian manfaat dan kebaikan. Bahkan, walau pun engkau hanya memiliki sebuah batu. Bila digunakan untuk hal yang tepat, maka hal itu akan menjadi manfaat dan memberi kebaikan."

^^^ Ingatlah. Jangan sampai harta yang Anda miliki menguasai diri Anda. Bila Anda mencari dan mengumpulkan harta tidak untuk di manfaatkan dan di nikmati serta digunakan pada hal-hal yang baik, maka uuntuk apa bersusah payah mencarinya? Ingatlah. Mendapatkan kebahagiaan di dunia serta keuntungan di akhirat jauh lebih penting dari pada hanya sebatas memilki banyak harta. ^^^