bintangkecil

Dikisahkan, bahwa seorang raja telah memutuskan hukuman gantung pada dua orang karena kesalahan yang mereka perbuat. Eksekusi pun akan dilakukan sebulan kemudian setelah keputusan hukuman ditetapkan.

Salah satu di antara mereka pasrah dan putus asa sambil meratapi nasibnya di pojok penjara seraya menangis, dan hanya bisa menunggu hari eksekusi. Sedangkan orang satunya, mulai berpikir keras, mencari sebuah solusi yang dapat menyelamatkan dirinya dari hukuman gantung, atau minimal bisa memperpanjang umurnya.

Suatu malam, dia mengingat-ingat watak dan kesukaan raja, apa kira-kira yang paling menarik bagi raja. Lalu, dia menemukan jawabannya, bahwa selama ini raja sangat suka kuda. Setiap hari, dia memperhatikan kuda-kudanya. Seketika itu terbersit dalam pikirannya sebuah ide yang sangat brilian. Dia pun segera memanggil penjaga seraya berteriak bahwa ada satu hal penting yang harus di sampaikannya kepada raja.

Singkat cerita, ternyata si raja mengizinkan orang itu untuk menemuinya. Sang raja kemudian bertanya, hal penting apa yang ingin disampaikannya. Orang tersebut pun menyampaikan kepada raja bahwa dia mampu melatih kudanya agar bisa terbang, dalam kurun waktu satu tahun. Dengan syarat eksekusi hukuman gantungnya ditangguhkan selama setahun. Permintaannya pun disetujui oleh raja. Hal itu membuat raja mulai mengkhayal bahwa dia akan bisa menunggangi kuda terbang satu-satunya di dunia ini.

Teman terpidana satunya mendengar berita itu dengan keheranan. "Eh, kamu kan tahu bahwa kuda itu tidak akan bisa terbang? Bagai mana kamu berani mengatakan ide gila itu kepada raja?!" selidik temannya itu.

Terpidana cerdik itu pun bertutur, "Tentu saya tahu, tetapi minimal ide gila ini akan memberiku empat kesempatan yang mungkin terjadi. Pertama, raja akan mati sebelum genap setahun. Kedua, saya mati dan itu lebih mulia dari pada saya mati digantung. Ketiga, kuda itu mati duluan. Keempat, mungkin saya bisa melatih kuda untuk bisa terbang."

Cerita di atas mengingatkan kita agar jangan mudah berputus asa karena masalah yang sedang di hadapi. Jangan hanya menyerah pada keadaan. Akan tetapi, Anda diharuskan bertindak dan melakukan sesuatu, berpikirlah dengan keras dan cerdas dalam menghadapi segala macam bentuk masalah. Galilah sebanyak mungkin celah dan jalan keluar dari masalah yang Anda hadapi. Bagilah solusi-solusi tersebut menjadi sebuah peluang dari masalah yang sedang dihadapi. Karena ada kemungkinan salah satunya akan menjadi penyelamat diri Anda atau bahkan membuat Anda sukses dan mengubah segalanya menjadi baik.